Nikmatnya Seduhan Aia Kawa

Aia kawa atau kawa daun adalah minuman khas ranah minang. Minuman ini berasal dari daun kopi yang diseduh. Daun kopi yang digunakan adalah daun kopi lokal. Rasanya juga tak kalah dengan minuman kopi.
Nikmatnya Seduhan Aia Kawa Ditemani dengan Cemilan Gorengan
Nikmatnya Seduhan Aia Kawa Ditemani dengan Cemilan Gorengan

Asal mula minuman ini berkaitan dengan sejarah Indonesia. Dulu ketika Jepang masih menjajah, mereka menguasai hasil panen kopi Sumatera Barat. Biji Kopi tersebut di ekspor untuk kepentingan mereka. Masyarakat Sumatera Barat tidak mempunyai kesempatan menikmati biji kopi hasil panen sendiri. Kopi hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. Masyarakat akhirnya memanfaatkan daun kopi yang diyakini juga mengandung kafein sebagai minuman pengganti kopi.

Uniknya, aia kawa disajikan dengan menggunakan tempurung yang dibelah dua sebagai pengganti gelas. Aia kawa dapat dinikmati sambil makan gorengan atau bika makanan khas minang yang terbuat dari tepung beras dan parutan kelapa. Akan lebih nikmat  minumnya di dangau-dangau  dekat sawah sambil melihat pemandangan alamnya.

Aia kawa juga disajikan dengan berbagai variasi, ada yang original, aia kawa susu, aia kawa telur dan lain-lain. Harganya juga tidak mahal, mulai dari Rp. 3000 pengunjung sudah bisa menikmati seduhan si daun kopi ini. Aia kawa bisa ditemukan di tepi-tepi jalan di wilayah Sumatera Barat. Biasanya terletak di dekat hamparan sawah.

Sumber: http://bajamba.blogspot.com/2014/07/nikmatnya-seduhan-aia-kawa.html
Previous
Next Post »
Thanks for your comment