Sambalado

Masakan padang memang terkenal dengan banyaknya lauk pauk yang diolah menggunakan cabe/lado. Salah satunya Sambalado. Sambalado berasal dari dua kata yaitu samba dan lado. Samba memiliki arti lauk pauk biasanya kalo orang padang mengindonesiakan kata samba dengan kata sambal. Sementara itu dalam bahasa indonesia sambal bisa berarti cabe yang telah diolah untuk dijadikan lauk.
Sambalado Hijau Matah
Sambalado Hijau Matah

Lado berarti cabe. Jadi sambalado adalah lauk yang bahan dasarnya adalah cabe. Jenis cabe yang digunakan yaitu cabe kriting. Baik itu yang muda / masih hijau ataupun yang masak / merah.

Olahan sambalado dalam makanan padang ada banyak macamnya antara lain :
  1. Sambalado matah (sambel mentah); Cabe diulek dengan bawang merah, garam, terkadang dikasih air jeruk setelah itu disajikan untuk langsung disantap.
  2. Sambalado abuih (sambel rebus); Cabe yang terlebih dahulu di rebus setelah itu diulek dengan bawang merah mentah, tomat, air asam sundai / jeruk nipis. Dan langsung di sajikan. Biasanya di temani dengan rebusan terong dam atau ikan asin.
  3. Sambalado goreng (sambel goreng); Diolah dengan cara menggoreng semua bahan.
  4. Sambalado uok; (hmm bahasa indonesianya apa ya....)
Cabe yang telah diulek dicampur dengan air nasi yg sudah mendidih dan diletakkan ditengah nasi yang sedang dimasak. Nasi matang, sambel pun matang. Ada juga yang mencampurkan irisan tulang sapi ke dalam sambal.

Soal rasa sambalado berasa pedas pastinya dan seger ^_^
Previous
Next Post »
Thanks for your comment