Soto Padang

Sebenernya resep Soto Padang ini dari Kakak Sepupuku (kami memanggilnya Bunda karena anak-anak dan lingkungan sekitar rumahnya memanggilnya Bunda), nah resep ini dibuat berdasarkan hasil masak bareng Bunda, jadi inti sebenarnya aku belajar masak soto padang sama Bunda hehehe.

Soto Padang
Soto Padang
Awalnya memasak menu Soto Padang karena Papaku mulai malas makan, ditawarin lauk ini itu gak mau, ditawarin makanan ini itu pun juga ga mau. Akhirnya lapor sama kakak-kakak biar bisa bantuin ngebujuk papa makan. Nah salah salah satu ya ke Bunda itu.

Bunda datang dengan membawa soto buatannya, dan taraaaaa papaku pun mau makan, kata papa soto buatan ponakannya itu enak. Dan aku disuruh belajar masak tu soto oleh papa. Dengan tujuan kalo papa pengen soto papa tinggal bilang ke aku :) Ha..ha.. aku sih seneng aja disuruh belajar bikin soto tersebut.

Nah bahan-bahan Soto Padang buatan Bunda yaitu sebagai berikut :
Untuk kuah Soto yaitu sebagai berikut :
  1. 2,5 liter air
  2. 1 ekor ayam (kira kira 800gr - 1kg) direbus
  3. 3 siung bawang putih yang telah dihaluskan
  4. 4 lembar daun salam
  5. 6 lembar daun jeruk
  6. 1 buah sere dikeprek
  7. 1 buah kulit kayu manis kira-kira 1cm x 4 cm
Dihaluskan:
  1. 6 siung bawang putih
  2. 10 butir marica
  3. ¼ buah pala
  4. 3 buah cengkeh
  5. 1 buah kapulaga
  1. 250 gram Bihun
  2. 3 batang Daun bawang potong potong sekitar 5 - 10 cm
  3. Daun seledri secukupnya
  4. Bawang goreng secukupnya
  5. Garam secukupnya
Cara membuatnya yaitu sebagai berikut :
  1. Rebus semua bahan untuk kuah soto sampai ayam empuk.
  2. Jika ayam telah empuk keluarkan dari rebusan dan suir daging ayam tersebut, pisahkan. Sementara itu tulang ayam dapat dimasukkan kembali ke rebusan.
  3. Sambil menunggu rebusan ayam tumis semua bahan yang telah dihaluskan ditambah daun bawang
  4. Jika tumisan telah harum masukkan ke air rebusan dengan syarat ayam telah dikeluarkan dari rebusan
  5. Rendam bihun dengan air panas, lalu saring.
Saran penyajian :
Ambil sedikit nasi (sesuai selera), beri bihun diatasnya (secukupnya), taburi ayam suir, siram dengan kuah soto, beri bawang goreng dan irisan seledri.
Dapat juga ditambah pergedel kentang.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Eksa Studio
admin
October 4, 2015 at 12:25 PM ×

Wah jadi ngiler nih gan :D

Reply
avatar
October 4, 2015 at 1:13 PM ×

iya, gambarnya bikin ngiler, apalagi kalo makan siang sekarang pake ini :D

Reply
avatar
Thanks for your comment