Terong Balado Ikan Asin

Terong balado ikan asin ~ Salah satu kreasi balado yang cukup umum dalam masakan padang tapi jarang ada di rumah makan padang :) rasa manis terong goreng, ditambah rasa ikan asin dan takokak/rimbang serta wangi pete goreng membuat balado ini terasa segar. Enak di makan sesaat setelah masak. Gak tahan lama paling cuma untuk seharian aja. Berikut resep terong balado ikan asin :
Terong Balado Ikan Asin
Terong Balado Ikan Asin

Bahan :
  1. 4 buah terong ukuran sedang, potong memanjang
  2. 100 gr takokak/rimbang
  3. 1 papan pete
  4. 100 gram ikan asin
  5. 150 gram cabe
  6. 8 siung bawang merah
  7. 1 siung bawang putih
  8. Minyak goreng secukupnya
Cara membuat :
  1. Potong pete dengan kulitnya lalu goreng
  2. Terong, ikan asin dan takokak/rimbang digoreng terlebih dahulu
  3. Lanjutkan dengan membuat bumbu balado
  4. Cabe, bawang merah dan bawang putih ditumbuk kasar
  5. Lalu goreng bahan bumbu balado sampai matang, gunakan api sedang
  6. Setelah bumbu balado matang  masukkan pete, ikan asin, dan takokak aduk sampai rata
  7. Susun terong goreng di piring dan siram dengan bumbu balado yang telah dicampur tadi
  8. Siap disajikan.
  9. Selamat menikmati :)
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
no la
admin
October 17, 2015 at 4:40 PM ×

Wah aku suk pete, tapi kalo sama kulitnya gpp ya Mbak? Terus kalau takokak/rimbangnya nggak ada, aku ganti pake apa ya? Susah nyari takokak/rimbang nih mbak.. Info yaa.. Makasiiih.. :)

Reply
avatar
October 18, 2015 at 12:53 PM ×

Gak apa-apa sama kulitnya, kata orang tua dulu kalo pake kulit baunya jadi berkurang, tapi kadang-kadang aku bikinnya juga tanpa kulit kok hehehe..
Rimbang/takokak bisa dipake atau gak, alternatif lain biasanya aku pake pare :)

Reply
avatar
Thanks for your comment